Kamis, 30 Desember 2010

Jawaban UAS



1. Manfaat system informasi :
a. Mengelola data dan informasi yang berkaitan dengan dakwah di lapangan
b. berguna dalam pengambilan keputusan dakwah
c. penyususunan perencanaan dakwah
d. pengawasan dakwah
e. evaluasi dakwah, dan
f. perumusan kebijakan dakwah

2.  a. Kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi informasi   yang diorganisasikan untuk nmencapai tujuan dalam sebuah organisasi ( Alter, 1992)
Kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentranformasikan data kedalam bentuk informasi yang berguna (Bodnar dan Hopwood, 1993)
                       
3. Internet merupakan media yang tepat ketika difungsikan menjadi suatu media dakwah karena bersifat efesien.

4. Dakwah virtual adalah dakwah yang terjadi/ dilakukan di internet atau   cyberspace, tidak terdapat batasan-batasan baik ruang dan waktu antara da’i dan mad’u berada. Dalam kontek digital
keuntungan dakwah virtual:
a .Sebagai media dakwah interaktif
b..Dapat menyampaikan pesan secara massa
c.Dapat menyampaikan pesan-pesan dakwah yang dapat berupa teks, audio, video, foto atau grafis.
e. Mendapatkan informasi dakwah secara cepat

5. Dampak Komputer terhadap dakwah
  • Komputer sebagai perangkat pendukung dakwah yang bersifat virtual.
  • Penyimpan data base informasi
  • Karena komputer mempunyai fungsi Penyimpan data base informasi maka sudah barang tentu komputer adalah salah satu pendukung terciptanya suatu program evaluasi dakwah
  • pendukung terciptanya suatu reformulasi program dakwah

6. LAN dapat definisikan sebagai network  atau   jaringan   sejumlah  sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleksgedung  atau suatu kampus dan tidak  menggunakan media fasilitas komunikasi  umum   seperti telepon, melainkan pemilik dan  pengelola   media   komunikasinya   adalah pemilik LAN itu sendiri.
Komponen LAN
 a. Workstation
Workstation merupakan node atau host yang berupa suatu   sistem komputer  Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu computer   yang  besar seperti  sistem  minicomputer, bahkan  suatu   mainframe. Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone)  dapat pula   menggunakan  jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.
b. Server
Perangkat keras (hardware) yang  berfungsi untuk melayani  jaringan dan workstation  yang  terhubung  pada  jaringan tersebut.pada umumnya sumber  daya (resources)   seperti  printer, disk, dan  sebagainya  yang   hendak   digunakan secara bersama oleh para  pemakai  di workstation  berada  dan  bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya  dikenal  disk server,   file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa   fungsi pelayanan sekaligus.
c. Link (hubungan)
Workstation dan server tidak dapat berfungsi  apabila  peralatan  tersebut  secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam LAN dikenal  sebagai  media transmisi yang umumnya  berupa kabel. Adapun   beberapa  contoh dari   link adalah:
d. Network Interface Card (NIC)
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan    ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang  dirancang khusus untuk menangani  network  protocol  yang dikenal  dengan   Network Interface Card (NIC).
e. Network Software
Tanpa adanya software jaringan maka jaringan tersebut tidak  akan bekerja   sebagaimana yang dikehendaki. Software ini juga yang  memungkinkan sistem   komputer yang satu berkomunikasi dengan sistem komputer yang lain.


7. Topologi Jaringan
Topologi Star
  Beberapa simpul/node dihubungkan dengan simpul pusat/host, yang membentuk  jaringan fisik seperti bintang, semua komunikasi ditangani  langsung  dan dikelola oleh host yang berupa mainframe komputer.


                       [PC1]
                      |                   
      [PC2]-------[Server]---------[PC3]
                   /    \
                  /      \
               [PC4]    [PC5]            




  •Topologi Hierarkis
  Berbentuk seperti pohon bercabang yang terdiri dari  komputer induk(host)  dihubungkan dengan simpul/node lain secara berjenjang. Jenjangyang lebih  tinggi berfungsi sebagai pengatur kerja jenjang dibawahnya.

                     [Server]
                     /      \
           [server/PC]       [server/PC]
               /  \             /  \
              /    \           /    \
               [PC1]  [PC2]     [PC3]  [PC4] 



  •Topologi Bus
  Beberapa simpul/node dihubungkan dengan jalur  data  (bus). Masing2  node  dapat melakukan tugas-tugas dan operasi yangberbeda namun semuamempunyai  hierarki yang sama.


                     
                       [PC1]  [PC2]     [PC3]  [PC4]
                        |           |             |         |
           =backbone================================
                                      |         |              |      |
                                    [PC1]  [PC2]     [PC3]  [PC4]


  •Topologi Loop
  Merupakan hubungan  antar simpul/node  secara serial  dalam bentuk suatu  lingkaran tertutup.  Dalam bentuk ini  tak ada  central node/host, semua  mempunyai hierarki yang sama.
                                                    

                                           [PC1]
                                       [PC2] | [PC3]
                                        \|/        
                                            (_) <== lingkaran
                                                / \        
                                         [PC4][PC5]



  •Topologi Ring
  Bentuk ini merupakan gabungan bentuk topologi loop dan bus,  jika salah  satu  simpul/node  rusak, maka tidak akan mempengaruhi  komunikasi node  yang lain karena terpisah dari jalur data.



                                           [PC1a]
                                     [PC1b]__|__[PC1c]  << bus
                                 |
                            [PC2]|[PC3]                  <<ring
                                       \ | /        
                                            (_) <== lingkaran
                                                / \        
                                         [PC4][PC5]



  •Topologi Web
  Merupakan bentuk topologi yang masing-masing simpul/node  dalam jaringan  dapat saling berhubungan  dengan node   lainnya melalui  beberapa   link  Suatu bentuk web network  dengan  n node, akan menggunakan link sebanyak  n(n-1)/2.

                       
                                                [PC1]
                                           / / \ \         
                        [PC2]=-+---+=[PC3]
                           |   /     \  |
                                     [PC4]=-------=[PC5]

8. WAN: adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3G adalah istilah yang digunakan untuk teknologi telepon bergerak generasi ke-3, teknologi ini merupakan pengembangan dari generasi ke-2 (2G). 3G merepresentasikan evolusi untuk kapasitas, kecepatan data dan kemampuan layanan baru. Layanan yang terkait dengan 3G adalah layanan perpindahan data baik berupa voice data maupun non-voice data.

Modem adalah singkatan dari Modulator-Demodulator.Modulate adalah proses penerjemahan data dari digital ke analog sehingga bisa
ditransmisikan. Demodulate adalah sebaliknya, proses menerjemahkan dari analog ke digital.Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkansinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterimasehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yangdisebut “modem”, seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya.

9. keuntungan suatu Sistem Informasi Dakwah tentu saja karena elemen-elemen didalamnya bisa kita manfaatkan sebagai instrumen atau perangkat yang mendukung suatu observasi, perencanaan, evaluasi, hingga reformulasi suatu kegiatan dakwah seperti halnya yang dijelaskan pada point sebelumnya.

10. malware, berasal dari lakuran kata malicious dan software) adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring omputer tanpa izin termaklum (informed consent) dari pemilik. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang mengganggu atau mengusik.[1] Istilah 'virus computer' terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus).
Virus komputer adalah suatu program komputer yang menduplikasi atau menggandakan diri dengan menyisipkan kopian atau salinan dirinya ke dalam media penyimpanan / dokumen serta ke dalam jaringan secara diam-diam tanpa sepengetahuan pengguna komputer tersebut. Efek dari virus komputer sangat beragam mulai dari hanya muncul pesan-pesan aneh hingga merusak komputer serta menghapus file atau dokumen kita.
a. Worm adalah lubang keamanan atau celah kelemahan pada komputer kita yang memungkinkan komputer kita terinfeksi virus tanpa harus eksekusi suatu file yang umumnya terjadi pada jaringan.
b. Trojan adalah sebuah program yang memungkinkan komputer kita dikontrol orang lain melalui jaringan atau internet.

output
 
Input Data
 
Proses
 
12.
 


Data
 
Penerima/
 
 
 





Gambar diatas merupakan proses pengolahan data / informasi hasil laporan dakwah kegiatan yang terjadi di lapangan . Data di masukan melalui inoput kemudian dikeluarkan melalui output. Semua data yang di input akan di simpan dalam database untuk membuat peta dakwah.

13. Karakteristik DSS
A.  Adaptability
B.  Flexibility
C.  User friendly
D.  Support intelligence
E.  Design
F. Choice
G.  Effectiveness.
Perbedaan DSS dan ESS
a. DSS adalah Sistem komputer interaktif yang membantu pembuat keputusan dalam menggunakan & memanfaatkan data & model untuk memecahkan masalah yang tidak terstruktur. Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodic dan khusus, output dari model matematika  dan system pakar .
b. ES adalah subset dari kecerdasan buatan ( artificial intellegense) atau AI. Yang berpotensi untuk memperluas kemampuan pemecahan masalah manager melebihi kemampuan normalnya juga sebagai program komputer yang berfungsi seperti manusia, yaitu memberi konsultasi kepada pemakai mengenai cara pemecahan masalah.




0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting